Pencegahan

Di Klinik Apollo akan membantu Anda untuk memberikan solusi terbaik untuk kehidupan rumah tangga Anda dan juga solusi agar tidak terkena penyakit Kondiloma Akuminata (Kutil Kelamain). Dengan melakukan langkah-langkah pencegahan untuk mengurangi risiko tertular penyakit Kondiloma Akuminata (Kutil Kelamin) berarti Anda juga dapat mengurangi risiko penularan Kondiloma Akuminata (Kutil Kelamain) untuk pasangan seks Anda.

Bagaimana pencegahan kutil kelamin ?

Seringkali kutil yang tumbuh pada area kelamin berukuran sangat kecil sehingga sulit terlihat dengan kasat mata. Mereka yang terkena kutil kelamin biasanya akan merasa tidak nyaman dan gatal di sekitar bagian area genitalnya. Tentu saja hal ini sangat mengganggu, terutama dalam kehidupan seksual penderitanya. Penetrasi yang terjadi saat berhubungan badan dapat menyebabkan kutil berdarah. Selain kecil, ciri-ciri kutil kelamin adalah menyerupai bintik atau benjolan berwarna merah muda atau abu-abu. Beberapa bintik tersebut ada yang tumbuh secara berdekatan dan terlihat seperti kembang kol. Bahkan kutil kelamin ini bisa menjadi makin banyak dan membentuk kelompok-kelompok besar.

Bercinta dengan pasangan tentu saja membawa kenikmatan tersendiri. Dan, untuk melengkapi kenikmatannya, alangkah baiknya bagi Anda dan pasangan untuk berhati-hati terhadap infeksi dan penyakit yang dapat menjangkit, bukan berarti Anda harus selalu menaruh kecurigaan terhadap pasangan tetapi pengetahuan tentang pencegahan diperlukan baik oleh Anda dan pasangan.

Sebagai langkah utama, kutil kelamin dapat kita cegah melalui suntikan vaksin. Vaksin yang tersedia saat ini sudah dapat menangkal jenis virus HPV yang paling sering menyebabkan kutil kelamin. Vaksin ini juga dapat menangkal sebagian besar jenis virus HPV yang menjadi penyebab kanker serviks. Vaksin HPV sebaiknya diberikan sebelum seseorang menjadi aktif secara seksual. Vaksin ini bisa diberikan sejak usia dua belas tahun dengan 3 dosis. Jarak antara dosis pertama dan kedua adalah dua bulan sedangkan jarak antara dosis kedua dan ketiga adalah lima bulan.

Selain pada alat vital dan daerah di sekitarnya, kutil kelamin juga dapat tumbuh pada mulut atau tenggorokan. Biasanya kondisi ini ditularkan melalui seks oral. Untuk pencegahan agar tidak tertular Kutil kelamin ini maka sebaiknya Anda mengetahui apa penyebabnya tersebut sehingga Anda tidak melakukannya dan terhindar dari penyakit kutil kelamin.

Rentannya seseorang untuk tertular kutil kelamin biasanya ditunjang oleh beberapa faktor risiko, seperti melakukan hubungan seksual dengan orang-orang yang berbeda  tanpa pelindung, melakukan hubungan dengan seseorang yang riwayat kehidupan seksualnya tidak diketahui, dan aktif secara seksual sejak usia remaja. Selain itu, seseorang juga lebih rentan terkena kutil kelamin jika sebelumnya pernah menderita penyakit menular seksual lainnya.

Pemakaian kondom dapat menjadi langkah minimal untuk melindungi kita dari kutil kelamin.Meski tidak sepenuhnya efektif dalam melindungi Anda dari penyakit ini karena masih ada bagian kulit yang dapat terpapar, namun setidaknya pemakaian kondom bisa meminimalisasi risiko terkena kutil kelamin dan melindungi Anda dari penyakit seksual menular lainnya.

" Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut dan jelas silahkan konsultasi langsung dengan kami di klik chat "KONSULTASI DOKTER ONLINE" dibawah ini atau segera menghubungi kami secara langsung via SMS ataupun Telepon. Terima Kasih.”